Jumat, 08 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis 4

Pengertian pemasaran:

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.

Sumber: www.google.com


Mengapa pemasaran sering disebut juga sebagai permintaan?

Pemasaran sering disebut sebagai permintaan karena sistem penawaran mengikuti barang apa yang sedang dibutuhkanoleh para konsumen. Apalagi barang yang akan ditawarkan tidak sesuai apa yang dibutuhkan konsumen, maka barang tersebut tidak akan laku dipasaran. sistem dunia perekonomian atau dunia bisnismelihat apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen di kalangan kehidupannya.jadi apabila kita ingin memasarkan suatu barang, kita harus melihat apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari itu pemasaran sering disebut juga sebagai permintaan.




Jelaskan perbedaan Kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti Pemasaran, serta contohnya!

Kebutuhan adalah Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia adalah pernyataan dari rasa kehilangan, dan manusia mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang kompleks tersebut karena bukan hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan dll), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan berasal dari masyarakat konsumen, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. 
Contoh :
  • Setiap manusia memerlukan makan untuk bertahan hidup
  • Seseorang membutuhkan cinta, kasih dan sayang dari orang terdekatnya


Keinginan adalah Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaza dan kepribadian individual dinamakan keinginan. Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka atau keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik. Masyarakat yang semakin berkembang, keinginannya juga semakin luas, tetapi ada keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan perusahaan yang bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menenbus keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber daya.
Contoh :
  • manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut tergantung dari budayanya dan lingkungan tumbuhnya.
  • Orang Yogya akan memenuhi kebutuhan makannya dengan gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya dengan makanan sukayaki dll.

Sumber: Pemasaran Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar